1.2.13

Cara Mengatasi Google AdSense Disable

Tags

Terhitung sejak 4 April 2012 Iklan Saya didisable Oleh Google AdSense karena melanggar kebijakan. Sebagaimana yang telah saya ceritakan, pihak Google AdSense memberikan kesempatan banding untuk mengaktifkan kembali iklan yang ada dengan cara memperbaiki kesalahan-kesalahan. Tentu, anjuran itu saya lakukan dan kemudian Saya Laporkan ke Google AdSense.

Ada teman senior dalam hal AdSense memberikan masukan bahwa upaya saya akan sia-sia belaka. Menurutnya, perbaikan yang tengah saya lakukan tidak akan pernah membuahkan hasil mengacu pada pengalaman, katanya. Menurutnya, alangkah baiknya membuat blog baru dan menempatkan tautan blog baru itu ke dalam setiap postingan blog lama. Begitulah kira-kira untuk memperkenalkan blog baru kepada pembaca.

Pembuatan blog baru saya lakukan dan upaya perbaikan kesalahan-kesalahan dalam blog lama juga saya lakukan. Saya pikir, untuk membuat blog baru teramat berat karena harus menyediakan waktu relatif banyak, sedangkan hal itu harus berbenturan dengan berbagai aktivitas saya.

Di tengah-tengah perbaikan itu saya berfikir Betapa Membingungkannya Google AdSense dalam persoalan ini. Di sana tidak ada pemberitahuan secara spesifik apa saja kesalahan-kesalahan yang saya lakukan, sehingga saya hanya dapat menerka-nerka tanpa tau persis apa saja kesalahan saya. Sebenarnya saya kesal dibuatnya. Sudah 4x saja lakukan banding dan selama itu pula selalu ditolak dengan memberikan alasan "Blog Anda masih terdapat kesalahan. Mohon diperbaiki dan segera laporkan kepada kami".

Kebijakan yang demikian banyak saya baca berulang-ulang kali sembari menerka-nerka apa kesalahan yang sedang saya lakukan. Mulai dari menghapus postingan-postingan yang bersifat retasan, aplikasi bajakan hingga menata ulang penempatan iklan. Untuk penghapusan, setidaknya ada separuh dari jumlah isi blog ini yang saya hapus karena tidak tau persis kesalahan saya. Sayang, upaya itu masih saja belum dapat diterima pihak Google AdSense. Saya baca kembali kebijakan-kebijakannya. 

Saya perbaiki postingan-postingan mulai dari postingan pertama hingga postingan terakhir. Saya hapus penempatan keyword/kata kunci berlebihan dan kemudian saya laporkan kembali. Alhamdulillah, yang terakhir ini sukses dan iklan dapat muncul kembali, dengan pemberitahuan, "Terimakasih telah bekerjasama dengan baik dan termakasih atas kesabarannya". Hehe..

Ada 9 bulan blog ini didisable oleh Google, terhitung sejak 4 April 2012 hingga 24 Januari 2013. Bagi saya, Tidak Ada Cara Instant Menuju Sukses. Relatif lama, memang, karena perbaikan yang saya lakukan juga tidak intens karena harus mendahulukan aktivitas nyata; semisal urusan kampus, organisasi, dst, daripada aktivitas maya. Yang jelas, cerita ini dapat menjadi pelajaran berharga bagi para publisher Google AdSense untuk kedepannya. Salam sukses dan enjoy with BER-BAGI.blogspot.com.


EmoticonEmoticon