Dulu saya pernah dipusingkan Google Chrome lantaran tidak bisa digunakan. Ketika dibuka malah saya dapati sebuah dialog: "The application was unable to start correctly (0xc0000005) Google Chrome". Terkadang dalam komputer lain terdapat dialog yang agak sedikit berbeda: “The Application was unable to start correctly (0xc000007b). Click OK to close the application”. Padahal maunya menggunakan Google Chrome kok malah disuruh menutup dengan klik OK?

Ternyata tidak semua komputer berhasil melakukan dua cara dalam postingan terdahulu. Padahal cara itu berhasil saya lakukan lantaran hampir setiap postingan biasanya saya coba terlebih dahulu untuk mengetahui hasilnya baru kemudian saya tuliskan. Jika ada di antara kalian mengalami problem serupa sedangkan menggunakan cara terdahulu tidak berhasil tampaknya kalian harus mencoba satu cara lagi yang ada di tulisan ini.

Penyebab error dengan kode 0xc000007b ini berasal dari aplikasi tersebut salah menggunakan dependensi dll (Direct Linked Library) untuk 32bit dan 64bit yang salah. Penyebab lain pada konfigurasi Microsoft Visual C++ Redistributable Package, di sana terdapat kesalahan atau kerusakan. Untuk memperbaiki error (0xc000007b) ini pada dasarnya tidaklah sulit. Tapi karena tidak ada petunjuk dialog yang diberikan oleh WIndows maupun Google Chrome membuat banyak orang bingung apa yang harus dilakukan.

Caranya dengan mengganti file–file dll berikut ini:  mfc100.dll, mfc100u.dll, msvcr100.dll, msvcp100.dll dan msvcr100_clr0400.dll. Semuanya berasal dari Microsoft Visual C++ 2010 Redistributable Package (x86) untuk Windows 32bit dan Microsoft Visual C++ 2010 Redistributable Package (x64) untuk Windows 64bit. Silakan download Visual C++ Redistributable yang ada di bawah postingan ini sesuai dengan jenis sistem operasi Windows yang digunakan dan jalankan untuk mengganti file–file dll tersebut.


Agar proses lebih aman, hendaknya Windows dalam keadaan Safe Mode. Jika belum tau cara masuk Safe Mode, ikuti instruksi berikut ini:
  1. Restart komputer
  2. Tekan tombol F8 berulang kali sesaat sebelum loading Windows terlihat hingga muncul menu dalam bentuk teks. (Lihat gambar di bawah)
  3. Pilih Safe Mode. (Untuk Windows 8, anda bisa menahan tombol Shift saat memilih Power Off dan klik pada pilihan Restart untuk mengakses Safe Mode Windows)
  4. Akses C:\Windows\System32
  5. Cari lokasi 5 file dll yang telah and download dan extract.
  6. Copy seluruh file tersebut ke C:\Windows\System32 dengan menimpa seluruh file dll Microsoft Visual C++ Redistributable Package yang ada.
  7. Restart komputer, dan gunakan Windows normal.
Sekarang coba jalankan program yang sebelumnya bermasalah, seharusnya aplikasi tersebut bisa bekerja dengan normal. Bisa jadi cara ini dapat lebih berhasil daripada cara postingan terdahulu. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Enjoy with BER-BAGI.blogspot.com


Microsoft Visual C++ 2010 Redistributable Package (x86) untuk Windows 32bit
Microsoft Visual C++ 2010 Redistributable Package (x64) untuk Windows 64bit


Posting Yang Berkaitan Berdasarkan Kategori :




2 komentar

  1. Anonymous  

    December 14, 2014 at 7:49 AM

    permisi mau tanya saya sudah copy tetap saja error? mohon pencerahannya

  2. Tutorial Baru  

    January 8, 2015 at 5:49 AM

    Bagi yang tidak berhasil dapat menggunakan cara lain di sini: http://ber-bagi.blogspot.com/2011/12/application-was-unable-to-start.html sudah saya coba dan berhasil.