Bermula ketika hendak pinjam nomor rekening salah seorang teman gara-gara rekening pribadi telah mati lantaran lama tidak pernah terisi. Tanpa menunggu lama, aku kirimkan nomor rekening dan hal-hal yang berkaitan dengannya kepada seseorang yang saat itu akan mengirimkan sejumlah uang padaku.

Masalahnya, HP sedang tidak ada pulsanya sehingga data-data itu aku kirimkan melalui SMS gratis yang banyak disediakan situs. Seketika itu salah seorang teman bercerita terkait pengalamannya menggunakan layanan SMS gratis yang banyak disediakan di internet.

Dia cerita, selang sebentar setelah menggunakan layanan SMS gratis di sebuah situs terkenal untuk mengirimkan nomor rekening ke orang tuanya, justru orang tuanya bingung. Orang tuanya bilang bahwa ia mendapatkan SMS beberapa kali dengan nomor berbeda karena setelah SMS pertama ada SMS susulan yang isinya juga meminta kiriman sejumlah uang lengkap dengan nomor rekeningnya, tapi berbeda dengan yang pertama.

Ada dua asumsi atas kejadian ini. Pertama, bisa jadi SMS kedua dan seterusnya dilakukan oleh pemilik situs, padahal situs yang ditunjukkan itu (maaf, tidak bisa sebut nama situnya) banyak sekali pengunjungnya dan banyak sekali yang menggunakan layanannya. Sebab, jeda SMS pertama dan kedua tidak terlalu lama, siapa lagi kalau bukan pemilik situs?

Asumi kedua dilakukan oleh hacker/cracker. Sudah jamak diketahui, hacker atau cracker memang orang yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata sehingga sesuatu yang sulit dilakukan oleh orang biasa tidak berlaku baginya. Barangkali lalu-lalang SMS gratis yang dikirimkan oleh pengguna layanan situs itu telah dipantau sedemikian rupa untuk kepentingan pribadi, seperti contoh di atas. Sehingga, orang yang hendak mengirimkan uang ke sebuah rekening yang telah diberikan menjadi salah sasaran dan masuk ke nomor rekening pribadinya.

Saya sendiri lebih percaya asumsi pertama dilihat dari jeda waktu SMS pertama dan kedua. Sehingga saat ini saya lebih berhati-hati menggunakan layanan SMS gratis yang ditawarkan banyak situ Indonesia. Saran saya, jangan gunakan layakan SMS gratis untuk mengirimkan data-data penting. Hat8i-hati menggunakan SMS Gratis melalui internet. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat dan enjoy with BER-BAGI.blogspot.com

Posting Yang Berkaitan Berdasarkan Kategori :




0 komentar