Baterai Laptop pada umumnya dibuat dari Li-Ion. Li-Ion seharusnya mampu bertahan hingga 4-5 tahun. Bagaimana cara mempertahankan performa ataupun keawetan baterai laptop agar tetap berfungsi dengan baik? Pertanyaan ini seringkali diutarakan oleh para pengguna laptop.
Kita semua tentu tahu bahwa baterai laptop adalah salah satu element laptop yang mahal dan suatu element penting pada setiap laptop. Tips sederhana untuk mempertahankan atau memaximalkan performa baterai laptop berikut ini mungkin dapat Anda terapkan.
1. Letakan laptop pada alas yang keras.
Tahukah Anda, bahwa Panas adalah salah satu musuh utama element baterai, jika Anda meletakan laptop pada alas yang menyerap panas seperti bantal misalnya, maka panas yang keluar akan diserap.
2. Gunakanlah tegangan Listrik yang stabil
Ketika Anda melakukan pengisian (charge) baterai perhatikan listrik yang dikonsumsi oleh adaptor, hindari listrik dengan tegangan tidak stabil. Selain tegangan listrik yang tidak stabil dapat membuat adaptor rusak, juga dapat membuat performa baterai laptop cepat drop.
3. Haruskah baterai dicopot?
Jawabannya antara ya dan Tidak. Jika laptop Anda dilengkapi dengan kemampuan switch (ketika baterai sudah terisi penuh maka langsung dialihkan ke daya adaptor), maka sebenarnya tidak perlu mencopot baterai, Namun jika tidak maka Anda bisa mencopot baterai dengan pertimbangan lifetime elemen baterai. Perlu Anda pertimbangkan ketika akan mencopot baterai, apakah tegangan listrik di tempat Anda bagus? Karena ketika Anda tidak menggunakan baterai maka daya yang masuk murni berasal dari listrik dan jika listrik mati, maka laptop akan kehilangan daya. Selain itu, tegangan listrik yang tidak stabil dapat merusak laptop secara langsung.
4. Defrag Hard Disk
Lakukan defrag harddisk secara teratur, dengan defrag yang teratur maka kinerja harddisk akan lebih baik dan secara otomatis akan mengurangi beban baterai
5. Hibernate & Standby
Beralih lah ke Hibernate dan tinggalkan kebiasaan Standby
6. Harddisk dan CD-ROM
Gunakanlah lebih banyak harddisk dari pada menggunakan CD-ROM saat bekerja dengan laptop Anda. Karena CD-ROM memakan daya yang lebih boros dari pada harddisk
7. Kontak Baterai
Bersihkan kontak baterai Anda dengan kain yang dibasahi dengan cairan alkohol setiap satu bulan sekali, agar transfer daya baterai tetap lancar.
8. Power Option
Gunakan pilihan Optimize, yang mana pilihan tersebut akan menggunakan maximum baterai untuk menampilkan effect maximal.
9. External Device
Jangan terlalu lama bekerja dengan external device, jika Anda menggunakan harddisk external, sebaiknya file-file yang anda butuhkan dialihkan kedalam harddisk internal. matikan Wifi, Bluetooth, atau perangkat lain jika tidak digunakan.
10. RAM
Lebih besar kapasitas RAM lebih baik, mengapa? karena jika kapasitas RAM terlalu kecil maka ketika laptop menangani pekerjaan besar, maka akan meningkatkan kinerja virtual memory yang mana virtual memory ini mengkonsumsi daya yang besar.
Demikian tips sederhana ini dan semoga bermanfaat. [kartunet.com]

Posting Yang Berkaitan Berdasarkan Kategori :




0 komentar