25.1.12

Empat Langkah Mengatasi Hardisk TIdak Terdeteksi Windows

Tags

Pada dasaranya proses pemasangan perangkat keras (hardware) yang satu ini tidak terlalu sulit, Namun tak jarang, karna saking mudahnya banyak diantara kita justeru sama sekali tidak memperhatikan.


Berikut terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan dan dipastikan saat memasang harddisk:
  1. Pastikan harddisk sudah mendapatkan power dengan benar dari PSU. Kesalahan sepele seperti ini bisa saja terjadi. Mengingat letak harddisk yang biasanya di bagian depan casing. Terkadang Anda menghubungkannya dengan cabang power yang tidak mendapatkan pasokan daya dari PSU secara sempurna. Hal ini bisa juga mengakibatkan minimnya jumlah konektor daya dari PSU.
  2. Pastikan setting master dan slave harddisk tepat seperti yang diinginkan. Atau jika Anda ingin memanfaatkan konfigurasi pada cable select, pastikan menggunakan konfigurasi tersebut pada kedua harddisk, lama dan baru Anda.
  3. Jika Anda ingin memanfaatkan konfigurasi cable select, perhatikan pemasangan kabel IDE pada harddisk. Beberapa kabel terbaru, sudah memberikan tanda khusus, untuk membantu menentukan konektor mana yang akan dianggap sebagai master, dan konektor mana yang akan dianggap sebagai slave. Jika tidak tersedia, cara paling mudah adalah dengan aturan dasar; konektor yang terletak diujung diperuntukkan sebagai master, sedangkan konektor di tengah, akan dianggap sebagai slave.
  4. Jika itu semua belum dapat menyelesaikan masalah, maka alternatifnya ada pada setting BIOS. Pada pilihan utama Integrated Peripheral, biasanya terdapat pilihan untuk IDE controller. Di sini juga terdapat pilihan untuk setting controller harddisk SATA. Sekiranya Anda mengalami masalah serupa, saat ingin menambahkan harddisk baru ber-interface SATA. Khusus untuk harddisk SATA dan Windows, jangan lupa untuk menginstalasi driver yang biasanya disertakan oleh produsen motherboard. Atau updatenya, tergantung chipset motherboard yang digunakannya.
Semoga empat cara di atas dapat membantu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon