Aplikasi portable adalah aplikasi yang dapat dijalankan tanpa melakukan instalasi terlebih dahulu, tentu ini menguntungkan bagi komputer yang mempunyai kapasitas hardisk terbatas. Meskipun ruang hardisk masih banyak, saya sendiri lebih suka menggunakan aplikasi portable daripada yang bukan. Biasanya, aplikasi yang saya gunakan secara portable adalah aplikasi yang relatif jarang digunakan, semisal Photoshop atau aplikasi-aplikasi berat lainnya. Itu sebabnya, kali ini saya akan berbagi Cara Membuat Aplikasi Portable II karena pada postingan yang lalu saya telah memberikan Cara Membuat Aplikasi Portable juga.

Ada banya cara untuk membuat aplikasi portable. Berikut 3 aplikasi yang dapat digunakan:

1. Cameyo.

Aplikasi ini sangat mudah cara menjalankannya. Download aplikasinya > install > jalankan aplikasi Cameyo > Capture Installation > tunggu beberapa saat sampai proses monitoring system selesai.

Setelah proses monitoring selesai, akan muncul window Proceed with Installation, maka Cameyo akan melakukan capture terhadap software yang akan kita install. Kemudian instal software yang hendak dijadikan software portabel, misalnya browser Opera, Mozilla Firefox, Winamp, Adobe Photoshop, maupun software lainnya. Setelah software terinstall, klik tombol Install done pada program Cameyo yang sedang aktif memonitoring proses aplikasi yang barusan diinstal. Kemudian, tentukan nama pada program yang hendak dijadikan portabel dan tekan tombol OK. Selesai.

2. VMware ThinApp.

Caranya:
  • Download aplikasi dan jalankan
  • Merekam registry sebelum aplikasi diinstall
  • Proses menginstall aplikasi yang ingin dibuat portable
  • Merekam registry setelah installasi aplikasi
  • Membuat catatan registry yang dibutuhkan aplikasi
  • Membuat file exe portable dari aplikasi tersebu
3. Winrar


Download Winrar > install > buka aplikasi yang telah terinstall dan hendak dijadikan portable. (contoh: C:/Program Files/Internet Download Manager) > tekan ctrl + a untuk ngeblok semua file > klik kanan pada file tersebut dan pilih add to archive > Ceklist tulisan “Create SFX Archive” dan “Create Solid Archive“ > Klik tab Advance, lalu klik tab Text and Icon > Pada form Text to display in SFX window, isikan parameter PHP Code berikut :

Setup=nama file
TempMode
Silent=1
Overwrite=1

Selanjutnya browse icon yang akan digunakan. Untuk membuat atau mengambil icon pada file exe, anda bisa menggunakan aplikasi Aicon. Cara penggunaannya mudah, tinggal browse ke folder Internet Download Manager, lalu cari file berekstensi .exe, klik OK, pilih ukuran iconnya, lalu Save. Klik ok dan ok. Selesai.  

Posting Yang Berkaitan Berdasarkan Kategori :




0 komentar