24.8.11

Install Windows 7 dan Windows 8 Menggunakan Flash disk

Tags

Dulu saya telah ber-bagi bagaimana cara install Windows menggunakan flash disk dan sekarang saya juga akan ber-bagi cara install Windows melalui flash disk lagi. Banyak sekali tips dan trik install Windows 7, Windows 8 maupun Vista melalui flash disk bertebaran di internet tapi ternyata setelah dicoba tidak berfungsi. Sekarang saya ber-bagi cara install melalui flash disk 100% bekerja. Berikut cara-caranya:

Yang perlu dipersiapkan:
  • USB Flash disk
  • File Windows 7, Windows 8 atau Vista.
  • Yang terpenting adalah mempersiapkan mental. Artinya harus siap terjdi yang nggak diinginkan karena kesalahan anda sendiri. :P
Ikuti sedikit demi sedikit untuk membuat bootable instalasi Windows 7, Windows 8 maupun Vista:

1. Masukkan Flash disk ke USB dan pindahkan semua data-data penting di drive C:.
2. Buka Command Promp melalui Run As Administrator. Caranya, Start menu => All programs => Accessories, Klik kanan Command Prompt dan klik Run as administrator.
3. Kamu perlu tau sedikit tentang Flash disk dengan menuliskan perintah-perintah sbb:



ketik DISKPART => LIST DISK. Setelah itu akan tempak di jendela sejumlah drive, contoh: Disk 1 (Ini saya asumsikan hard drive anda cuman Disk 1).
4. Kemudian di bawah ini beberapa perintah yang Anda butuhkan:

SELECT DISK 1
CLEAN
CREATE PARTITION PRIMARY
SELECT PARTITION 1
ACTIVE
FORMAT FS=NTFS
(Proses format mungkin akan memakan waktu beberapa menit)
ASSIGN
EXIT

6. Jika telah sukses tinggal pindahkan file Windows 7, 8 atau Vista ke dalam flash disk dan flash disk siap digunakan booting. Semoga berhasil.

2 komentar

cara ini bisa dipake di windows xp nggak?

Setelah saya coba ternyata tidak bisa. Untuk XP dapat melihat tulisan ini: http://ber-bagi.blogspot.com/2012/01/cara-mudah-membuat-windows-xp-usb.html


EmoticonEmoticon