Sebagaimana postingan yang lalu, kartu memori termasuk barang elektronik yang mudah mengalami kerusakan. Kerusaka yang dimaksud adalah dari system file, bukan fisik. Jika kebetulan Memory Card atau MMC dalam keadaan rusak sebagaimana dimaksud, maka tidak ada salahnya mencoba Cara  Memperbaiki Memory Card/MMC Error ini.

Sebelum melakukan Cara Memperbaiki Memory Card atau MMC Error, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut ini agar data-data yang ada didalamnya terselamatkan terlebih dahulu.
  1. Gunakan FileRecovery for MultiMediaCard atau MMC Medic. Jika belum punya programnya, segera download di bawah ini dan install.
  2. Pilih letak Drive Memory Card atau MMC
  3. Pilih tempat pemenyimpan data Recovery atau data yang akan diselamatkan
  4. Klik: Start, dan tunggu tunggu hingg proses selesai.
Cara ini juga dapat dicoba dengan menggunakan Cara Menyelamatan Data Flashdisk yang Minta Format, Cara Mengembalikan Data Terpartisi atau Terhapus, dan cara-cara lain di blog ini. Software ada yag free tapi ada juga yang trial. Berikut ini cara memperbaiki Memory Card atau MMC error:

Cara pertama:

Menggunakan card reader yang terhubung ke PC. Caranya, format lewat menu Windows Explorer.
  1. Cabut kartu memori dari perangkat android dan sejenisnya dan masukkan ke memori card reader. Kemudian masukkan ke perangkat komputer.
  2. Buka menu Windows Eksploler, cari drive kartu memori, misalnya pada drive E, F, G, H dan seterusnya. Tentukan drive memori dan klik tombol kanan mouse, dan pilih ‘Format’.
  3. Di sana akan muncul pilihan jenis format FAT, FAT32 dan NTSC, pastikan memilih system format file FAT.
  4. Klik tombol "Format Now" dan tunggu sesaat hingga proses selesai.

Cara Kedua:

Jika ternyata dalam proses di atas gagal, Windows tidak dapat melanjutkan format, maka lakukan berikut ini:
  1. Klik Start > Run, dalam kolom ketik CMD atau cukup tekan Windows + R secaa bersamaan, kemudian ketik CMD. Jendela Command akan terbuka dengan mode DOS prompt. 
  2. Selanjutnya ketik: format k: /fs:fat (asumsinya Momory Card atau MMC berada di drive K:. jika Memory Card atau MMC berada di drive lain harus disesuaikan)
  3. Tunggu sesaat hingga proses selesai.
Format melalui DOS Prompt


Cara Ketiga:
  1. Pilih drive Memory Card atau MMC lalu klik kanan mouse dan pilih properties
  2. Pilih: Tool, dan klik: Check now
  3. Beri centang:  automatically check sistem for error dan scan for and attempt recovery of bad setor. Centang keduanya dan pilih Start
  4. Tunggu hingga proses selesai.
Memperbaiki Memory Card atau MMC
Menggunakan cara keempat ini data-data penting dalam memory akan selamat, tidak sebagaimana cara pertama dan kedua. Akan tetapi jika ketiga cara ini masih tidak berhasil, berarti kalian harus menggantinya dengan yang baru. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Recovery My FileMMC Medic | CardRecovery

Posting Yang Berkaitan Berdasarkan Kategori :




0 komentar