19.9.12

Template SEO Friendly Milik O-OM

Tags

Siapa yang tidak kenal dengan O-om, seorang blogger sukses asal Jogja dengan penghasilan ribuan dolar tiap bulannya. Pantas saja, rtikel-artikel yang disajikan saja selalu informatif dan berkualitas. Dilihat dari followernya saja sudah dapat membuktikan bahwa blog O-om sangat menarik. Bagi saya bukan hanya pada kualitas postingannya namun juga template yang digunakan. Hingga tiga hari yang lalu saya berusaha mencari tau di mana saya bisa mendapatkan template itu, barangkali telah dibagikan secara gratis.

Dari blog pribadi maupun beberapa blog template miliknya saya tidak menemukan template itu . Akhirnya saya mencari tau melalui Google. Alhamdulillah, saya menemukan secara gratis dari beberapa blogger dengan http://template-oom.blogspot.com sebagai demo-nya. Tentu saya langsung download dan ujicoba di salah satu blog saya sebagai percobaan.


Setelah saya coba ternyata di sana ada sedikit perbedaan pada readmore. Tulisan readmore dalam template asli milik O-om tidak tampak sedangkan tempate yang saya dapatkan sebaliknya. Saya merasa kurang puas dengan ini sehingga saya mencari tau ke beberapa blog lain dengan harapan mendapatkan template persis sebagaimana aslinya. Usaha itu gagal. Justru saya mendapati beberapa blog yang membicarakan persoalan template itu. Dari sini saya tau; template O-om yang selama ini bertebaran di internet ternyata illegal. O-om telah mengakui sendiri dalam sebuah komentarnya bahwa tempate itu dibajak tanpa mengindahkan hak ciptanya.

Meskipun agak berat, saya memilih untuk tidak menggunakan template itu sebagai bentuk menghargai hak cipta O-om sebagai pemilik sah template itu. Sebenaranya pengalaman ini juga pernah terjadi sebelumnya ketika saya mendapati sebuah template yang bentuknya persis seperti tampilan Kompas.com. Akan tetapi sang pemilik blog mengatakan tidak lagi menjual skrip template itu lantaran mendapatkan teguran keras dari pihak Kompas. Coba kalian lihat di sini. Saya pikir, dia beruntung hanya mendapatkan teguran, tidak serta merta langsung dituntut memberikan ganti rugi. Mulai sekarang, mari berlatih menghargai karya dan hak orang lain. Salam.


EmoticonEmoticon