Stefani Joanne Angelina Germanotta atau lebih dikenal dengan nama panggungnya Lady Gaga, adalah seorang penyanyi pop Amerika Serikat yang lahir di New York City, New York, Amerika Serikat, 28 Maret 1986. Gaga menjadi terkenal setelah merilis album debutnya The Fame (2008), yang sukses baik secara kritik maupun komersial dan meraih popularitas internasional dengan singel "Just Dance" dan "Poker Face". Album ini mencapai nomor satu di tangga album enam negara, menduduki puncak tangga lagu Billboard Dance/Electronic Albums sekaligus memuncak pada nomor dua di tangga lagu Billboard 200 di Amerika Serikat dan mencapai posisi sepuluh besar di seluruh dunia.


Album keduanya, The Fame Monster (2009), kelanjutan dari The Fame, menghasilkan dua singel nomor satu di berbagai negara yaitu "Bad Romance" dan "Telephone", sehingga dia diperbolehkan untuk memulai tur konser global kedua, The Monster Ball Tour, hanya beberapa bulan setelah selesai tur pertama, The Fame Ball Tour. Album studio kedua Born This Way, dirilis pada Mei 2011, menduduki puncak tangga album di seluruh pasar musik utama, setelah kedatangan singel "Born This Way", "Judas", dan "The Edge of Glory"—singel pertama mencapai nomor satu di negara di seluruh dunia dan merupakan penjualan singel tercepat dalam sejarah iTunes, menjual satu juta kopi dalam lima hari.

Lady Gaga. Sumber: commons.wikimedia.org

Terinspirasi oleh artis glam rock seperti David Bowie dan Freddie Mercury, serta penyanyi dance-pop seperti Madonna dan Michael Jackson, Gaga juga diketahui dalam kegemarannya di bidang fesyen, dalam penampilan dan dalam video musiknya.  Billboard memberi gelar "Artis Terbaik pada Tahun 2010" padanya, dan peringkat sebagai "Artis Terbaik ke-73 pada Dekade 2000-an". Gaga telah dimasukkan dalam daftar tahunan majalah Time, yaitu Time 100 "orang paling berperngaruh di dunia" serta tercantum di sejumlah daftar tahunan majalah Forbes termasuk "100 selebriti paling berkuasa dan berpengaruh di dunia" dan mencapai nomor satu dalam daftar tahunan "100 selebriti paling berkuasa".

Artis satu ini acap kali menuai kritik dan tergolong artis paling kontroversial di dalam maupun di luar negeri. Salah satu lagu yang menuai banyak kritik adalah sigel "Alejandro" ketika Gaga dipasangkan dengan fotografer fashion Steven Klein. Kritikus memuji ide dan alam gelap video tersebut, akan tetapi Liga Katolik Amerika Serikat menyerang Gaga dengan dugaan penggunaan Blaspemy. Blasphemy (Penghujatan) merupakan ketidaksopanan terhadap tokoh-tokoh suci, artefak agama, adat istiadat, dan keyakinan. Agama-agama Abrahamik mengutuk keras blasphemy.

Posting Yang Berkaitan Berdasarkan Kategori :




0 komentar