Bookmark browser adalah sebuah fitur untuk menyimpan url tertentu agar suatu ketika dapat dibuka kembali dengan mudah tanpa harus menghapalnya terlebih dahulu. Saya sendiri sering menggunakan ini untuk mengingat situs yang saya rasa penting untuk dikunjungi kembali. Cara menyimpan url atau situs dalam bookmark sendiri sangatlah mudah. Sebagai contoh, ketika membuka/membaca blog http://ber-bagi.blogspot.com, tekan Ctrl + D kemudian save atau done. Pasti di bagian atas browser tersimpan url blog http://ber-bagi.blogspot.com. Ketika hendak membuka blog ini kembali di lain kesempatan tinggal klik bookmark, tanpa harus menuliskan url http://ber-bagi.blogspot.com terlebih dahulu. Simel bukan?



Nah, jika jumlah url yang tersimpan dalam sebuah browser terlalu banyak, sedangkan saat itu komputer/laptop membutuhkan instalasi Windows ulang, atau hanya butuh instalasi browser saja, tentu saat itu membutuhkan cara praktis untuk menyimpan semua bookmark browser tersebut. Nah, ini dia caranya:

- Firefox
  1. Tekan Ctrl + Shift + B, akan keluar window baru dengan nama "Library".
  2. Di menu paling atas Library, ada pilihan "Import & Backup". Klik menu itu & pilih "Backup".
  3. Simpan file backup dengan ekstensi *.json atau HTML di drive selain C, entah itu di drive D maupun di Flashdisk. 
  4. Untuk mengembalikan bookmark setelah install ulang, pastikan sudah menginstall Firefox, lalu tekan lagi Ctrl+Shift+B > Import & Backup. Untuk kali ini pilih "Import". Cari file yang telah tersimpan tadi. Lalu klik "OK". 
- Google Chrome
  1. Dari menu Tools, pilih Bookmark Manager.
  2. Klik menu Atur di manajer.
  3. Pilih Ekspor bookmark.
  4. Pilih lokasi dimana anda ingin file yang diekspor yang akan disimpan, kemudian klik Simpan. Untuk mengembalikan bookmark, ikuti langkah 1, langkah 2 dan pada langkah 3 pilih penanda Impor.
 - Internet Explorer
  1. Dari opsi File pilih Import and Export.
  2. Klik opsi Export to a file lalu klik Next.
  3. Pada layar berikutnya pilih Favorit dan klik Next.
  4. Pada layar berikutnya lagi klik Favorites dan klik Next.
  5. Sekarang pilih tujuan di mana kamu ingin menyimpan bookmark lalu klik Ekspor.
  6. Save bookmarks kamu dengan eksistensi html. Untuk mengembalikan file yang disimpan, ikuti langkah 1 dan langkah 2, pilih opsi Impor Ekspor HTML bukan HTML dan melanjutkan.
- Opera
  1. Dari menu File, pilih opsi Impor dan Ekspor. (atau Menu> Pengaturan> Impor dan Ekspor)
  2. Gulir ke menu pull-down di sebelah kanan dan pilih Bookmarks Ekspor sebagai HTML.
  3. Pada layar berikutnya, pilih folder tujuan dari menu Simpan dalam kotak teks di bagian atas layar.
  4. Cukup klik tombol Simpan dan selesai. Untuk mengembalikan ikuti seperti langkah di atas, tapi kali ini pilih opsi "Impor Bookmark".
Untuk cara dalam browser lain silahkan cari sendiri. Barangkali ekspor-impor bookmark yang tersimpan juga tidak jauh beda dengan apa yang tertulis di atas. Semoga membantu. 

Posting Yang Berkaitan Berdasarkan Kategori :




0 komentar