15.12.11

Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Dieject atau Remove

Flask disk harus diremove atau dieject terlebih dahulu ketika akan dicabut dari PC maupun laptop. Hal ini untuk menghindari kerusakan sistem yang ada pada flashdisk. Remove maupun reject dapat dilakukan dengan cara klik flashdisk drive melalui Windows Explorer kemudian klik eject. Cara lain juga dapat melakukan eject melalui klik icon Safely Remove Hardware and Eject Media, di pojok bawah sebelah kanan.
Problem Ejecting
Sebenarnya jika flashdisk bersifat hot swappable kapan pun boleh dicabut selama tidak terjadi tranfer data (biasanya lampunya berkedip) atau bahkan ketika masih terjadi tranfer. Untuk memastikannya klik kanan drive flashdisk, kemudian masuk ke tab hardware, pilih flashdisk tersebut. Lalu klik PROPERTIES kemudian klik TAB POLICIES. Sewaktu optimize for quick removal di cek, berarti USB aman dicabut kapan pun. Tetapi jika optimize for performance di cek, berarti harus di-eject terlebih dahulu.

Namun, jika  masih berkeinginan melakukan reject atau remove namun gagal, gunakan aplikasi Ulocker yang dapat kalian download di bawah artikel ini. Caranya:
  • Buka jendela Explore
  • Klik kanan pada drive flashdisk yang ingin dimatikan
  • Pilih Unlocker
  • Muncul jendela program Unlocker
  • Anda dapat melihat data procces yang sedang berjalan
  • pilih programnya lalu matikan, click unlock.
Note: Aplikasi Unlocker ini juga dapat digunakan menghapus file yang tidak dapat dihapus. Semoga berhasil.


EmoticonEmoticon