SEO merupakan teknik yang digunakan oleh orang-orang di dunia maya untuk membuat situs atau blog miliknya menjadi urutan tertinggi pada Search Engine seperti Google, Yahoo atau search engine yang lain. Dengan menerapkan teknik SEO ini, situs atau blog tidak hanya akan berada pada urutan tertinggi pada search engine terkemuka, tetapi situs atau blog tersebut juga akan memiliki banyak pengunjung dengan sendirinya.

Coba masukkan keyword "click here" pada google. Situs apakah yang akan muncul? Kamu pasti heran, kenapa hasil dari keyword "click here" adalah Download Acrobat Reader? Padahal di halaman tersebut tidak ada satupun tulisan "click here". Penasaran?

Dibawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai Teknik SEO. Teknik SEO dibagi menjadi dua jenis, yaitu; ON PAGE dan OFF PAGE. Teknik SEO ON PAGE adalah teknik yang digunakan dengan cara membuat halaman situs kamu semenarik mungkin di mata search engine. Yaitu dengan cara memilih judul yang tepat, keyword yang cukup tetapi tidak berlebihan, menambah link pada kata kunci, bold, italic, dan sebagainya. Berikut ini tips yang dapat digunakan pada teknik ON PAGE:

  1. Fokus pada keyword kamu. Pikirkanlah sejenak, kira-kira keyword apa yang akan orang-orang masukkan di Google atau Yahoo tepat sesuai dengan tujuan pembuatan situs atau blog,
  2. Gunakan judul yang berisikan keyword tersebut,
  3. Gunakan keyword tersebut secara berulang-ulang, kurang lebih 5 - 10 kali dalam isi tulisan,
  4. Gunakan ALT (untuk link dan image) berisi keyword,
  5. Gunakan BOLD dan ITALIC pada keyword,
  6. Gunakan link pada keyword. Tentu saja link yang dibuat berhubungan dengan keyword tersebut,

Sekarang tentang teknik SEO OFF PAGE. Teknik SEO OFF PAGE adalah teknik yang digunakan dengan cara membangun link sebanyak mungkin ke arah blog atau situs yang dibangun. Caranya bisa dengan ikut melakukan pertukaran link dengan teman-teman, memasang link pada halaman friendster, facebook, comment atau buku tamu pada blog orang lain. Semakin banyak link yang mengarah ke website kalian, maka PAGERANK kamu akan semakin tinggi. Maka, dengan semakin tinggi PAGERANK yang kamu miliki, berarti semakin besar kemungkinan situs atau blog kamu untuk bisa berada di urutan tertinggi pada suatu search engine.

Kalian juga harus memperhatikan Anchor Text pada saat membuat link ke arah situs atau blog. Kenapa website Adobe berada pada peringkat tertinggi di google untuk kata kunci "click here"? Itu karena banyak sekali situs di dunia yang terdapat link ke arah halaman itu dengan kata: Download Adobe Reader, click here. Kata “click here” tersebut merupakan suatu link ke situs Download Adobe Reader yang disebut Anchor text. Usahakan link yang mengarah ke situs atau blog kalian sudah sesuai dengan keyword yang menjadi sasaran/tujuan situs atau blog kalian.

Tapi ada hal penting yang harus diperhatikan. Tidak bisa sembarangan menggunakan Teknik SEO ini, dikarenakan jika kamu melakukan pelanggaran, maka situs atau blog yang kamu punya akan di blacklist oleh search engine dengan cara situs kamu tidak akan terindeks.

Berikut ini adalah hal-hal yang dilarang pada penggunaan Teknik SEO (Blackhat SEO):

  1. Membuat doorway, yaitu halaman khusus buat search engine yang tidak berguna bagi pengunjung situs atau blog tersebut.
  2. Memasang link di situs atau blog yang termasuk kategori "bad neighborhood", yaitu situs situs yang sudah diblacklist (termasuk link farm).
  3. Mengikuti program paid link.
  4. Mengabaikan Judul Tag. Sebagian besar search engine mempertimbangkan Title Tag. Jangan membuat Judul tag kosong atau ada kata-kata yang tidak relevan dengan isi (content) postingan, karena mesin pencari membaca mempertimbangkan title tag. Search engine umumnya menampilkan konten yang sesuai title tag.
  5. Keyword tidak relevan. Menggunakan keyword yang banyak dicari orang untuk mencari trafik ke situsnya. Sebagai contoh, anda masukkan keyword 'Barrack Obama' padahal didalam situs anda sama sekali tidak ada artikel yang membahas keyword tersebut. Google tidak suka hal ini dan google akan mencurigai situs atau blog kamu sebagai spam.
  6. Membangun link dalam jumlah yang sangat besar dalam waktu singkat. Jadi untuk membangun link silahkan dilakukan tahap demi tahap.
  7. Isinya sama persis dengan website lain atau yang sering disebut dengan PLAGIAT.
  8. Hindari terlalu banyak Grafis. Mesin pencari kurang menyukai situs atau blog yang mengandung banyak gambar dan objek flash. Hal tersebut tidak akan membantu kamu untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik. Karena dengan banyaknya gambar akan membuat halaman berat yang akhirnya membuat lambat loading situs atau blog kamu. Dengan kejadian ini, kamu bukan mendatangkan pengunjung malah membuat pengunjung kabur karena malas membuka situs atau blog kamu karena proses loadingnya lambat, membutuhkan waktu lama.

Search engine saat ini sudah semakin canggih. Buatlah situs atau blog yang memiliki bobot dan berguna bagi orang lain, maka situs atau kamu akan banyak dikunjungi orang dari seluruh dunia.Selamat mencoba!!

Posting Yang Berkaitan Berdasarkan Kategori :




1 komentar

  1. Zaenal Mutaqin  

    September 4, 2011 at 6:41 PM

    Wah keren blognya sob ^-^ http://zencky79.blogspot.com