Cara Melihat Koneksi Internet. Banyak yang tidak tau bagaimana mengetahui cara melihat koneksi internet. Padahal hal itu sangat penting, apalagi sewaktu kita berada di warnet maupun dalam jaringan wireles umum. Saya katakan di warnet maupun dalam jaringan wireless umum disebabkan banyak orang yang sering melakukan iseng dan jahil dengan menggunakan cara mematikan internet atau tanpa membatasi download dengan menggunakan IDM atau Internet Download Manager.

Cara Melihat Koneksi Internet. Itu sebabnya, kali ini saya akan berbagi Cara Melihat Koneksi Internet, apakah internet yang sedang kalian gunakan sedang mati, lambat atau memang kebel/wireless yang tersambung di komputer kalian sedang diputus.

Cara Melihat Koneksi Internet ini tidak memerlukan software tambahan, hanya menggunakan fasilitas bawaan Windows semua versi. Cara Melihat Koneksi Internet itu ialah sebagai berikut:

Klik start, kemudian ketik: run dalam kolom search programs and files dan tekan enter. Cara ini juga dapat menggunakan keywboard dengan menekan tombol gambar Windows + R. Kemudian ketik: ping -t yahoo.com seperti contoh gambar sebagai berikut:



Dalam gambar di atas kalian dapat melihat angka setelah tulisan: time= sedang berjalan secara terus menerus, jika koneksi kalian tidak putus. Jika angka-angka setelah: time= tersebut berangka kecil, semisal 189, 155, 205 atau 250 (hanya hitungan ratusan) maka dapat dipastikan koneksi internet yang sedang kalian gunakan sedang dalam keadaan bagus, seperti gambar di atas. Namun, jika angka-angka itu menunjukkan angka mencapai ribuan berarti koneksi anda dalam keadaan jelek. Artinya, semakin kecil angka tersebut berarti semakin bagus pula kondisi koneksi internet kalian.

Cara Melihat Koneksi Internet. Coba bandingkan dengan gambar berikut ini:


Di atas kalian dapat melihat tulisan Reply From 192.168.1.6: Destination host unreachable. itu berarti koneksi anda sama sekali tidak ada. Bisa jadi kabel yang menghubungkan koneksi ke komputer kalian sedang lepas, dicopot atau memang koneksi sedang dimatikan.

Melihat tulisan selanjutnya menunjukkan koneksi bagus, dilihat dari angka setelah time=, tapi tidak bertahan lama, karena hanya mampu berjajar sampai 6x kebawah. Setelah itu, kalian melihat angka berjumlah ribuan setelah tulisan time=, itu berarti koneksi sedang tidak bagus. Setelah itu kalian dapat melihat tulisan Reuquest timed out. itu menunjukkan koneksi anda sedang mati, namun bukan dikarenakan kabel terputus atau koneksi sedang dimatikan. Bisa jadi, tulisan itu menunjukkan salah satu pengguna warnet atau pengguna wireless sedang memutus koneksi kalian dengan menggunakan cut, atau salah satu pengguna sedang download menggunakan IDM, sehingga koneksi hanya dimonopoli pengguna tersebut dan anda tidak kebagian. Artinya, tulisan Reuquest timed out. menunjukkan koneksi pada dasarnya ada dan tidak mati tapi kita tidak dapat menggunakannya disebabkan beberapa faktor yang telah saya sebutkan. Sebaiknya pada waktu menggunakan internet kalian langsung menggunakan trik ini dan tidak usah diclose agar supaya kalian dapat mengetahui perjalanan koneksi selama penggunaan.

Sebagaimana tulisan di atas, proses ini hanya sebatas mengetahui proses perjalanan baik, buruk maupun terputusnya koneksi, bukan mengetahui berapa kapasitas koneksi internet. Demikian Cara Melihat Koneksi Internet yang dapat kalian pakai ini dan semoga tulisan Cara Melihat Koneksi Internet ini bermanfaat.

Posting Yang Berkaitan Berdasarkan Kategori :




0 komentar