7.6.16

Mengembalikan Komentar yang Hilang di Blog

Tags

Beberapa hari kemarin saya sempat mengganti template biasa menggunakan template responsive. Keputusan itu tentu sebagai respon perkembangan gadget yang sudah sedemikian masifnya agar blog ini lebih bersahabat ketika dibuka menggunakan gadget. Template saya kembalikan semua setelah beberapa saat saya gunakan template responsive. Namun sayang, komentar dari kawan-kawan pembaca ternyata semuanya hilang tak tahu entah kemana. Akhirnya saya tertarik membuat tulisan bagaimana mengembalikan komentar yang hilang di blog setelah mengganti template.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Bisa jadi karena adanya perbedaan template, karena yang saya tahu template sekarang menggunakan style CSS HTML 5, Artnya semua kode HTML template sudah dirubah sesuai kebijakan Blogger yang mengoptimalkan Blog agar lebih SEO Friendly yang dimata robot pengindeks.

Berikut ini akan saya jelaskan beberapa cara menampilkan kembali komentar-komentar yang pernah ada setelah mengganti template. Setelah melakukan beberapa cara di bawah ini kemungkinan besar komentar-komentar yang pernah terpublish akan muncul kembali.

1. Masuk ke akun Blogger >> pilih Tata Letak >> klik Edit Halaman Posting, pastikan pada Opsi Halaman Entri ada tanda centang di bagian 5 komentar. Lihat gambar di bawah ini:


2. Masuk ke akun Blogger >> Pilih Menu Google+ dan pastikan tidak ada centang pilihan apapun di sana. Lihat gambar di bawah ini:


3. Masuk ke akun Blogger >> Pilih Post, lalu klik Edit pada salah satu artikel yang kolom komentarnya tidak muncul. Kemudian lihat Setelah Entri sebelah kanan >> klik Pilihan, pastikan pada Komentar Pembaca, anda centang Izinkan. Lihat gambar di bawah ini:


4. Login ke akun Blogger >> Masuk ke menu Setelan/ Setting >> Pos, Komentar dan Berbagi>> pastikan Lokasi Komentar, anda memilih Tersemat atau Halaman PenuhLihat gambar di bawah ini:


Bagaimana hasilnya? Masih belum muncul juga setelah melakukan semua seperti intruksi di atas? Saya rasa komentar yang selama ini pernah terpublish akan muncul. Demikian cara Mengembalikan Komentar Hilang di Blog. Enjoy with BER-BAGI.blogspot.com dan salam berbagi!


EmoticonEmoticon