Dalam postingan yang dulu, saya pernah membagikan pengalaman bagaimana menjaga akun pribadi melalui postingan: Cara Sederhana Melindungi Akun Pribadi dari Serangan Hacker, dan dalam postingan lain saya juga bagikan bagaimana Cara Mengatasi Yahoo dan Akun Lain yang Terkena Hack. Tentu dua cara itu merupakan sebuah cara dari sekian cara yang saya lakukan ketika saya harus berhadapan dengan orang-orang usil di dunia maya ini.

Sebagaimana kita tau bahwa saat ini Yahoo (Messenger) telah tereliminir popularitasnya, kalah dibanding dengan Facebook. Berdasarkan data dari Wikipedia, pada September 2012, Facebook telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Saat ini hampir tidak ada yang tidak kenal Facebook, dan hampir tidak ada yang tidak punya akun Facebook juga. Itu sebabnya amat penting bagi pengguna Facebook mengetahui bagaimana cara memproteksi akun dari serangan orang-orang usil yang tidak bertanggungjawab.

Yang saya bagikan tentu cara-cara sederhana, bagaimana sebuah akun dapat relatif aman dari serangan-serangan hacker. Setidaknya, menjaga lebih baik daripada mengobati, mengantisipasi lebih baik daripada harus pusing terlebih dahulu lantaran akun dikuasai orang lain karena kelalaian kita sendiri. Berikut ini cara-caranya:
  1. Sembunyikan alamat email kalian. Biasanya kebanyakan orang-orang usil menjahili Facebook maupun blog (seperti yang pernah saya alami sendiri) dari email yang pengemanannya relatif tidak kuat.
  2. Gunakan password yang terdiri dari kombinasi antara huruf, angka dan simbol. Gunakan password yang sulit ditebak oleh orang lain, dan pertanyaan yang disediakan oleh pihak Yahoo maupun Facebook juga pilih yang tidak lumrah. Jangan membuat password dari tanggal lahir, kota kelahiran, tempat tinggal, band favorite, dan hal-hal lain yang telah banyak diketahui oleh orang lain. Tapi ingat, kalian harus benar-benar mengingat password yang barusan dibuat.
  3. Hati-hati terhadap phising, yaitu link-link jebakan seperti situs yang memiliki tampilan mirip Facebook maupun Yahoo.
  4. Jangan lupa selalu logout saat di warnet. Sebatas yang saya tau, kesalahan ini sering dilakukan oleh orang-orang yang biasanya termasuk pengguna baru.
  5. Hati-hati dengan program Keylogger dan sejenisnya. Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol papan ketik. Sebuah perekam ketikan biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol papan ketik tersebut ke dalam sebuah berkas cecatat (log file). Terkadang, oleh pemiliknya atau bukan, program ini dipasang di komputer-komputer umum, seperti warnet. 
Demikian lima Cara Sederhana Mengamankan Akun Facebook, agar supaya akun Facebook terhindar dari serangan orang-orang tidak bertanggung jawab. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Posting Yang Berkaitan Berdasarkan Kategori :




0 komentar